Jumat, 23 Juni 2017

Wisata Kuliner Solo Yogya Ini Wajib Anda Kunjungi saat Mudik


Jelang hari raya idul fitri, Solo dan Yogyakarta menjadi salah satu destinasi jalan-jalan bagi pemudik yang berada di sekitar Jawa Tengah. Tak hanya khasanah budayanya yang menarik mata, namun wisata kuliner di dua kota ini rasanya sayang sekali jika dilewatkan.

Bagi Anda yang melakukan mudik melewati jalur Solo dan Yogya, beberapa tempat wisata bisa Anda kunjungi selama perjalanan. Tempat-tempat seperti museum dan masjid bersejarah dapat dijadikan pilihan tempat berwisata, sekaligus melepas lelah ketika mudik.

Tapi bagi Anda yang lapar, sempatkan untuk mencicipi sajian khas kota Solo dan Yogya selama perjalanan mudik.

Berikut ini, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Putu Ngurah memberikan rekomendasi tempat makan selama Anda berkeliling kota Solo dan Yogyakarta.


Soto tengkleng

Siapa bisa menolak makanan yang satu ini, masakan asli Solo, Jawa Tengah ini menjadi salah satu menu favorit Presiden Joko Widodo.

Potongan tulang kambing atau bisa juga sapi dengan kuah bening berbumbu ringan cocok disantap bersama nasi hangat.

Tengkleng berisi potongan iga dan daging yang melekat di tulang. Kuahnya agak encer dengan citarasa mirip gule.

Soto tengkleng ini mudah ditemui di sudut-sudut warung di kota Solo, namun ada satu yang spesial.

"Terutama di Jawa, di Solo. Karena, Solo terkenal dengan soto Solo dan tengklengnya. Jadi, kalau orang melintas ke sana (Solo), dia tidak hanya langsung pulang tapi mampir dulu ke Solo," kata Putu di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin 5 Juni 2017.

Lebih lanjut, Putu merekomendasikan soto tengkleng Solo bu Jito di jalan Banjarsari. Ada juga tengkleng Bu Edi yang lokasinya di bawah gapura pasar, Klewer yang ciri khasnya disajikan dengan pincuk, atau daun pisang.


Sate kambing

Selain menu tengkleng, tempat lain di Solo yang bisa Anda kunjungi adalah sate kambing. Sate kambing di sini disajikan berbeda dengan bentuk buntel. Tekstur daging kambing yang legit dan kenyal, bisa Anda temukan di warung Mbok Galak di jalan Mangun Sarkoro no. 122, Banyuanyar.
"Warung Mbok Galak sangat populer di Solo. Di sana, menyediakan berbagai menu sate, gulai, dan tengkleng kambing. Menu favorit di sana adalah sate buntel (daging kambing cincang dan dibuntel (dibungkus) dengan lemak kambing, kemudian dibakar)," ujarnya.


Gudeg Yu Djum Jogya

Siapa yang tak kenal gudeg Yu Djum di Jogya. Namanya hampir dikenal se-antero nusantara. Wisatawan banyak yang sengaja berkunjung ke Yogya untuk mencicipi Gudeng Yu Djum yang eksis sejak tahun 1942.

Gudeg spektakuler ini bisa di jumpai di kawasan jalan Kaliurang, Km 4,5 Karangasam. Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus santan kental, sambal krecek dan lauk.

Lauknya bervariasi ada telur rebus yang sudah dibumbui, tahu, tempe, suwiran daging ayam kampung, ampela ati, potongan bagian tubuh ayam seperti kepala, dada, paha atas, dan sebagainya. Sempatkan mampir jika berkunjung ke Yogya



[viva.co.id]

0 komentar:

Posting Komentar