Rabu, 09 Mei 2018

Kota ala Pattaya Bakal Berdiri di Bantul


Mimpi untuk membuat kota baru layaknya Pattaya, Thailand di pesisir Bantul masih dalam tahap perencanaan. Tahun ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul baru akan menyusun masterplan pembuatan kota tersebut.

Kepala Bappeda Bantul Fenti Yusdawati mengatakan untuk konsep kota baru di kawasan pesisir Bantul antara Baros sampai Samas belum ada gambaran yang jelas. Kendati demikian, sambung dia, untuk pembangunan menangkap potensi pasar dari keberadaan bandara baru di Kulonprogo dan Jalur Jalan Lintas Selatan yang melintas di wilayah Bantul. “Yang dikembangkan nanti merupakan kota yang berkonsep aerotropolis,” kata Fenti saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/4/2018).

Menurut dia, rencana pembangunan kota baru di wilayah pesisir sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah DIY. Nantinya, di kota baru akan memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari perhotelan, pusat perdagangan, rest area hingga hiburan. “Itu baru gambaran karena untuk kejelasannya masih harus menunggu penyusunan masterplan yang digarap tahun ini. Total anggaran yang digunakan untuk penyusunan mencapai Rp200 juta,” ungkapnya.

Dijelaskan Fenti, untuk pembangunan kota baru di pesisir harus dikaji dengan matang sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru. Ia tidak menampik di kawasan pesisir rawan terjadi bencana, sedang di sisi lain juga terdapat konservasi mangrove hingga kawasan heritage yang harus dilindungi. “Yang jelas lokasi kota baru akan berada di utara jalan. Selain itu, kami juga akan tetap mempertahankan kawasan yang telah terlindungi sehingga tidak akan mengorbankan yang sudah ada untuk pembagunan tersebut,” tegasnya.

Ditambahkanya, pembangunan kota baru sejalan dengan penataaan di kawasan pesisir. Rencannanya seiring dengan pembangunan, bangunan-bangunan yang ada di sepanjang pantai dari Baros sampai Samas akan ditertibkan sehingga menjadi area terbuka yang bebas dari bangunan apapun. “Yang ada sekarang adalah bangunan-bangunan liar, jadi nanti semua bangunan itu akan ditertibkan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanahan Permukiman dan Tata Ruang Bantul, Isa Budi Hartomo mengatakan, rencana pembangunan kawasan perkotaan di kawasan Pantai Baros sampai Samas merupakan pengembangan kawasan untuk kota Transit Oriented Development seiring dibangunnya bandara baru di Kulonprogo. Menurut dia, kota baru yang dibangun seperti California atau Pattaya di Thailand yang lokasinya berada di kawasan pantai. “Di kota itu nantinya ada kawasan perhotelan, area perkantoran, pusat perdagangan, sentra kuliner hingga hiburan,” katanya.




[harianjogja.com]

0 komentar:

Posting Komentar