Kamis, 02 Agustus 2018

Deretan Goa Indah di Jogjakarta, Serunya Wisata Sembari Bertualang


Jogjakarta tak melulu soal budaya dan tradisi. Wilayah istimewa milik keraton ini juga memiliki kekayaan alam yang indah nan mempesona. Tak mengherankan jika belakangan mulai ada banyak goa indah di Jogjakarta yang serius dikembangkan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat.

Mengunjungi goa indah di Jogjakarta tak hanya sekedar jadi cara lain menghabiskan waktu liburan, namun sekaligus menyuguhkan sensasi petualangan. Rasa penasaran ketika menjelajah ke dalam sudut-sudut gelap, kekaguman terhadap indahnya guratan alam di dinding gua, semua bercampur jadi satu. Tanpa banyak kata lagi, berikut daftar wisata goa menarik yang ada di Jogja.


1. Goa Tjokro

Goa Tjokro terletak di wilayah Gunungkidul, Jogjakarta. Sobat traveler bisa merasakan serunya sensasi menuruni goa vertikal dengan kedalaman mencapai 20 meter. Dengan bantuan para pemandu, pengunjung akan diturunkan dengan seutas tali dari lorong masuk berukuran 2×1 meter.

Begitu sampai di dalam, para pelancong akan diajak mengeksplorasi goa yang konon dulunya dijadikan lokasi membuang benda maupun senjata pusaka. Selain itu, Goa Tjokro juga punya pesona lain seperti guratan khas di bagian dinding bagaikan mahakarya lukisan alam.


2. Goa Selarong

Goa Selarong wajib dikunjungi oleh sobat traveler yang menaruh minat tinggi pada wisata sejarah. Goa yang terdiri dari goa Kakung dan Putri ini dulunya konon merupakan salah satu tempat persembunyian Pangeran Diponegoro.

Menurut masyarakat sekitar Goa Kakung sempat menjadi tempat tinggal Sang Pangeran, sementara Goa Putri dijadikan rumah untuk Raden Ayu Ratnaningsih. Sang Raden Ayu tak lain adalah salah satu selir Pangeran Diponegoro yang terus setia mendampingi Sang Pahlawan.


3. Goa Kalisuci

Ingin merasakan serunya terombang-ambing oleh derasnya arus sungai sembari mengagumi keindahan goa vertikal? Dua hal tersebut bisa sobat traveler rasakan lewat cavetubing di Goa Kalisuci. Di tengah-tengah perjalanan nanti para pemandu akan menunjukkan titik-titik menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto-foto.

Tak perlu khawatir soal keamanan karena semua petugas di sini sudah memiliki sertifikat khusus. Peralatan yang digunakan juga sangat mumpuni. Namun siapkan stamina ekstra, karena di ujung pemberhentian pengunjung harus menapaki tangga dengan kemiringan mencapai 45 derajat untuk sampai ke titik penjemputan.


4. Goa Jomblang

Mirip seperti Goa Tjokro, Goa Jomblang juga menawarkan sensasi menuruni goa vertikal. Namun di sini kedalamannya lebih bervariasi, bahkan konon ada yang mencapai 80 meter. Untuk bisa sampai di bagian dasar, pengunjung akan diturunkan dengan seutas tali atau biasa disebut dengan istilah single rope technique.

Disarankan datang ke sini saat hari cerah dan menjelang tengah hari. Sinar matahari yang menyeruak dari pintu masuk gua akan membentuk pancaran sinar surgawi yang mengesankan. Atmosfer yang tercipta bakal terasa magis dan pastinya menjadi latar belakang foto menarik.


5. Goa Pindul

Selain Kalisuci, Jogjakarta masih punya Goa Pindul yang juga terkenal dengan wisata cavetubing-nya. Dibandingkan Kalisuci, arus sungai di Pindul terasa lebih tenang. Cocok untuk sobat traveler yang ingin berlama-lama bermain air dan bersantai menjelajahi sungai.

Sembari meluncur di atas sebuah ban dalam berukuran besar, para pelancong akan diajak mengagumi keindahan stalagmit dan stalaktit yang menghiasi bagian dalam goa. Tak jarang wisatawan akan disambut kepakan sayap kelelawar, hewan penghuni Goa Pindul. Bakal jadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

Itulah tadi sederet wisata goa indah di Jogjakarta yang bisa dijadikan alternatif liburan. Jika sobat traveler sedang berada di Kota Gudeg dan masih bingung hendak menghabiskan waktu ke mana, semoga tulisan ini bisa menambah inspirasi.




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar