Jumat, 10 Agustus 2018

Rekomendasi Bubur Gudeg di Jogja, Citarasanya tak Kalah Menggoda dari Kuliner Lainnya


Gudeg bukanlah kuliner asing di telinga. Makanan dengan rasa manis ini dikenal berasal dari Jogja. Makin ke sini, variannya beragam. Bahkan kini ada gudeg geprek, lho. Selain disajikan dengan nasi hangat, ternyata ada menu gudeg dengan paduan bubur. Wah, di mana saja sih rekomendasi bubur gudeg di Jogja dengan rasa luar biasa ini? Yuk, intip rangkumannya berikut.


1. Gudeg Song Djie Bu Atmo

Nah, kedai makan satu ini terletak di Jalan Kyai Mojo No. 104, Bener, Tegalrejo, Jogja. Gudeg di sini lebih dikenal dengan rasa pedas gurih yang bikin nagih. Selain disajikan dengan nasi, Teman Traveler juga bisa mencoba gudeg buburnya. Rasanya nendang banget, apalagi sambal kreceknya yang dilengkapi dengan kacang tolo. Untuk lauknya bervariasi dari telur, tahu, tempe, ayam suwir, paha, dada, dan kepala. Harganya masih terjangkau mulai dari Rp12.000 hingga Rp35.000


2. Bubur Gudeg Gejayan

Kuliner yang pas disantap untuk sarapan ini juga dikenal dengan nama Bubur Gudeg Suropadan. Letaknya di Jalan Gejayan, tepat di seberang SPBU atau pom bensin. Buka dari jam setengah 8, kedai ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Hal ini karena kelezatan bubur dan gudegnya yang menggoyang lidah. Apalagi tambahan suwiran ayam serta telur yang bikin nendang. Mau lauk sederhana seperti bakwan jagung juga bisa. Rasanya tetap istimewa dengan harga merakyat, sekitar Rp10.000 per porsi.


3. Gudeg Mbah Waginah

Letaknya boleh jauh dari pusat kota, tapi Teman Traveler bakalan penasaran dengan cita rasanya gudeg campur bubur Mbah Waginah yang dijual di kedai sederhana di Jalan Kabupaten, Sleman, Jogja. Seporsi bubur dengan siraman kuah serta gudeg di sini spesial banget. Cita rasanya juga nendang dengan aroma bumbu yang khas. Di balik rasa menggiurkan tersebut, peraciknya adalah Mbah Waginah yang disebut-sebut sudah berusia 95 tahun. Tak menguras kantong, harga seporsinya sekitar Rp6.000-Rp15.000.


4. Gudeg Bu Minarsih

Tempat terakhir yang juga jauh dari pusat kota adalah Gudeg Bu Minarsih. Letaknya di Kretek Abang, Sanden, Bantul. Sajian istimewa ini tidak hanya berisi bubur, telur dan gudeg. Namun, ada tambahan mie lethek yang membuat rasanya makin gurih dan sedikit pedas. Porsinya cukup banyak dan membuat perut kenyang. Jangan kaget, seporsi bubur gudeg di sini sangatlah terjangkau. Hanya berkisar antara Rp7.000-Rp15.000 tergantung lauk pendamping yang dipilih.

Nah, itulah empat rekomendasi bubur gudeg di Jogja dengan rasa jempolan. Rasanya enak, sedangkan harganya pas di kantong. Bagaimana dengan teman traveler, sudah pernah coba belum?




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar