Jumat, 21 September 2018

Pantai Glagah di Jogja yang Pesona Senjanya Tidak Akan Terlupakan


Seperti Pulau Dewata, keindahan pantai di Jogja tak bisa dipandang sebelah mata.Terlebih lagi jajaran pantai di Gunung Kidul yang memiliki karang cantik. Atau juga pantai klasik Parang Tritis yang nama sudah populer sejak dahulu kala. Selain Gunung Kidul, Kulon Progo dengan Pantai Glagah tak kalah memukau. Destinasi cantik dengan laguna dan tetrapod beton bakal membuat siapapun terhipnotis. Seperti Rizky Nusantara yang juga jatuh cinta dengan keindahan alam di sini.


Istimewanya Pantai Glagah yang Bikin Mata Terbelalak

Setiap pantai punya keunikan dan daya tarik masing-masing. Parang Tritis dengan wahana kekinian, Pantai Depok punya Pasar Ikan, dan deretan pantai di Gunung Kidul bisa untuk snorkeling. Sementara Pantai Glagah unik karena memiliki laguna yang mengagumkan dan bakal membuat siapapun berdecak kagum.

Beberapa laguna identik dengan letaknya yang terhalang pasir atau batu karang. Namun, beda dengan laguna di Glagah. Danau mini dengan air laut ini terbentuk dari daratan cekung yang menjorok ke dalam. Nah, danau mini atau sering disebut sebagai telaga ini kini dialih fungsikan sebagai tempat bermain berbayar. Anda bisa bermain kano, perahu kayu, hingga becak air dengan tarif sewa sebesar Rp10.000. Menariknya, bukan?


Keren dengan Deretan Tetrapod

Dermaga Glagah juga menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini. Panorama ombak besar yang terpecah karena tetrapod bisa menjadi pemandangan memukau di sini. Yap, tetrapod merupakan beton yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Deretan tetrapod inilah yang menarik perhatian. Tidak hanya tertata rapi, tapi juga artistik banget.

Untuk mendapatkan pemandangan paling sempurna, tunggulah hingga matahari terbenam. Keindahan laut yang berwarna kegelapan terlihat serasi dengan atap langit berwarna jingga. Agar tak ketinggalan momen, jangan lupa untuk menyiapkan kamera. Abadikan setiap detik demi detik perjalanan Anda di sini.


Kawasan dengan Nilai Sejarah Tinggi

Pantai cantik  ini masih memiliki banyak keunikan. Salah satunya stupa yang menjadi saksi sejarah berdirinya Desa Glagah. Stupa berupa batu tersebut dijadikan sebagai cagar budaya dan menjadi salah satu peninggalan masa pemerintahan Bupati Cangakmengeng. Konon, benda bersejarah tersebut berasal dari abad ke 6 Masehi.

Fasilitas yang disediakan di pantai ini memang lengkap. Ada area bermain, spot OOTD di tetrapod hingga prasasti benda bersejarah. Selain itu, ada juga deretan warung yang bikin perut kenyang. Menu yang ditawarkan beragam, seperti cilok, cimol, dan aneka olahan ikan dengan harganya terjangkau. Selain itu, ada juga toko souvenir dengan produk cantik dan menggemaskan.


Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Pantai Glagah berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Jaraknya kurang lebih 15 km dari pusat kota Jogja. Alternatif pertama, Anda bisa melalui rute Bantul dan masuk ke ringroad yang kemudian menuju arah Purworejo. Setelah itu, melewati Jalan Srandakan dan melintasi Jembatan Srandakan yang akhirnya bertemu dengan lampu merah. Belok kiri, Anda sudah sampai di tujuan.

Selain lewat Bantul, bisa juga lewat jalur Jalan Wates. Kemudian, mengikuti jalur Jalan Raya Wates menuju Purworejo. Destinasi wisata di Jogja ini terbilang sangat mudah diakses. Jalanannya juga lumayan longgar meski sedikit sempit. Sekedar tips, datanglah ke sini saat sore hari, sehingga sekalian untuk berburu keindahan sunset yang menakjubkan.

Itulah ulasan tentang Pantai Glagah di Kulon Progo, Jogja. Bagaimana, siap untuk menjelajah destinasi ini kan?




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar