Senin, 17 September 2018

Warung Brongkos Bu Rini, Legenda Kuliner Jogja Sejak 1973


Brongkos merupakan kuliner khas Jogjakarta yang sekilas mirip dengan rawon. Namun, kuliner ini memiliki bumbu yang lebih kaya, rasanya gurih dan isiannya banyak. Ini merupakan kuliner yang isinya terdiri dari daging sapi, tahu, kacang tolo, cabai rawit dan beberapa hal lainnya. Banyak penjual brongkos enak di Jogja, salah satunya yang telah melegenda adalah Warung Brongkos Bu Rini.

Warung Brongkos Bu Rini ini merupakan salah satu yang populer di Jogja. Kuah hitamnya membuat banyak orang ketagihan. Bagi para pecinta brongkos, pastilah tidak asing dengan kuliner yang nikmat ini.


Warung Brongkos Bu Rini Sejak 1973

Warung Brongkos Bu Rini disebut menjadi salah satu tempat yang melegenda di Jogja karena memang sudah ada sejak tahun 1973. Orang yang pertama kali mempelopori warung ini adalah Bu Repan. Selepas Bu Repan meninggal dunia, usaha brongkos ini diteruskan oleh anaknya yang bernama Rini.

Maka dari itulah, tempat makan yang menawarkan brongkos ini kondang dengan sebutan Warung Makan Bu Rini. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai Warung Bu Repan. Jadi buat yang masih bingung ada yang menyebutkan sebagai Warung Bu Repan, memang ini lokasi yang sama.


Menu di Warung Brongkos Bu Rini

Menu di tempat kuliner Jogja satu ini utamanya adalah brongkos. Tidak jauh beda dengan yang terdapat di lokasi lainnya, brongkos di sini juga memiliki warna hitam lantaran penggunaan kluwak sebagai bumbunya. Ditambah bumbu-bumbu lainnya seperti halnya bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, cabai rawit sehingga memunculkan rasa yang istimewa. Nah, sayur brongkos di Bu Rini ini biasanya berisi kacang tolo, koyor, tahu, dan juga telur. Untuk pilihan koyor dan juga telur, tergantung pada permintaan dari pembeli.

Citarasa yang ditimbulkan dari berbagai bahan adalah gurih, pedas, dan sedikit manis. Meski lokasi ini sudah dikelola generasi kedua, namun tetao memiliki rasa yang sama seperti awal mula warung berdiri. Ada pilihan lauk lainnya yang bisa diambil, misalnya saja tempe goreng, perkedel, krupuk karak, peyek, dan lain-lain. Tidak suka brongkos? Anda juga bisa menikmati soto ayam kampung.


Lokasi Warung Brongkos Bu Rini

Sementara itu untuk lokasinya, Warung Brongkos Bu Rini ini terdapat di gang kecil di Jogja. Tepatnya berada di depan Plaza Ngasem yang terdapat di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kraton. warungnya buka mulai dari jam enam pagi hingga pukul enam sore. Tempatnya sangat mudah untuk ditemukan, jadi jangan lupa untuk datang ke sini ya.

Satu hal lagi keunggulan dari brongkos buatan Bu Rini ini, kabarnya merupakan kegemaran dari Sultan Hamengku Buwono X. Entah kabar tersebut memang benar adanya ataupun hanya kabar burung semata, yang pasti brongkos buatan Bu Rini memiliki banyak pembeli, bahkan sampai rela antri.




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar