Selasa, 09 Oktober 2018

Geopark Gunung Sewu, Keindahan Wisata Gunungkidul yang Diakui Dunia


Bukan Jogja namanya jika tidak memiliki wisata kelas dunia yang menarik perhatian. Tidak hanya di pusat kota, tapi keindahan juga bisa ditemukan di kabupatennya. Termasuk Gunungkidul yang memiliki Geopark Gunung Sewu. Sebuah destinasi menakjubkan yang keindahannya juga telah diakui oleh dunia. Penasaran apa istimewanya tempat ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.


Batuan Karst yang Istimewa

Gunungkidul terkenal sebagai kabupaten di Jogja dengan keindahan pantainya. Namun, di sudut lain ada tempat wisata yang telah diakui oleh UNESCO. Apalagi kalau bukan Geopark Gunung Sewu yang memiliki ciri khas dan tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya. Salah satunya adalah hadirnya karst yang meninggalkan berbagai macam bentuk bebatuan. Menarik banget dan cocok dijadikan spot foto.


Bebatuan Hasil Proses Geologi

Keunikan lain dari bebatuan di sini karena hasil dari proses geologi. Anda dapat melihatnya di etalase taman batu atau stone garden, Gunungkidul. Destinasi wisata di Jogja ini memang kurang begitu terawat. Namun, keindahannya batu di sini bikin siapapun terpanah. Apalagi setelah menengok bentuknya yang unik.


Akses Menuju Lokasi

Kawasan wisata ini berada di antara jalan Wonosari-Tepus. Tepatnya berada di Desa Mulo. Anda yang hendak berkunjung ke sini bisa menggunakan arah menuju Pantai Siung, Wedi Ombo, atau Nglambor. Lokasinya, sebelum pantai-pantai cantik itu. Sudah banyak papan petunjuk yang bisa mengarahkan menuju ke kawasan ini. Sebagai titik poinnya adalah jalan menuju ke Pantai Baron. Tapi, tak sampai destinasi wisata tersebut.


Rest Area untuk Istirahat

Tempat wisata yang buka 24 jam ini berfungsi sebegai tempat pengenalan kepada wisatawan tentang hasil geologi. Suguhan bebatuan nampak indah. Apalagi saat sore hari. Ada pula sebuah gedung kecil yang bertujuan untuk menyimpan beberapa batu langka dan rawan rusak. Nah, batuan tersebut merupakann fosil-fosil hewan dan tumbuhan, bahkan kristal. Selain menawarkan batuan cantik, tempat ini juga bisa difungsikan sebagai sebuah rest area.

Etalase taman batu adalah tempat yang bisa jadi rekomendasi untuk dikunjungi saat di Gunungkidul. Menariknya, banyak situs sejarah yang bisa dipelajari. Bagaimana, makin penasaran dengan Geopark Gunung Sewu ini kan? Ayo datang ke sini.




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar