Senin, 01 Oktober 2018

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Istana Cantik di Jogja dengan Arsitektur Unik


Liburan ke Jogja, tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Bukan hanya melihat benda-benda bersejarah, di sini juga bisa mempelajari budaya Jawa serta mengenal sejarah yang pernah terjadi di Kota Gudeg. Namun, pernahkah Anda melihat sisi lain dari Keraton ini? Salah satunya melihat arsitektur bangunan yang menawan dengan paduan warna cantik.

Seperti apa detail arsitektur yang membuat keraton makin menarik ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Yudi Rahmatullah tentang tempat wisata di Jogja.


1. Langit-langit Bangunan

Dibandingkan melihat langit bangunan, biasanya wisatawan lebih tertarik untuk melihat benda cantik yang dipajang di museum. Padahal, langit-langit tersebut memiliki pemandangan yang menakjubkan. Perpaduan warna merah dan emas sungguh terlihat cantik dengan detail yang rapi nan indah. Ditambah lagi, lampu kristal yang membuat ruangan ini lebih megah.


2. Tiang Penyangga Keraton

Setiap bangunan di keraton selalu dilengkapi dengan tiang, terutama bagian pendopo. Menariknya, penyangga ini memiliki berbagai bentuk, warna, dan juga ukiran. Kebanyakan berwarna hijau atau hitam yang dipadukan dengan warna emas. Namun ada beberapa tiang yang memberikan warna berbeda serta ukiran yang lebih rumit, yaitu penyangga warna merah muda, putih, dan hitam.


3. Pagar dengan Desain Cantik

Tidak semua bangunan keraton diberi pagar, karena ada beberapa yang berbentuk pendopo. Namun jika Anda jeli, ada beberapa gedung yang memakai pagar dengan warna yang menarik perhatian. Ada yang berwarna hijau, putih, dan juga kuning. Ukirannya pun juga unik, menyerupai wajah.


4. Kursi Khas Istana Jogja

Sama halnya dengan warna lampu, kursi yang digunakan oleh sultan di keraton memiliki warna sama. Apalagi kalau bukan warna merah di bagian dudukan dan emas di rangkanya. Tak lupa pula, tambahan kain merah beludru dan ukiran cantik yang membedakannya dengan kursi pada umumnya.


5. Pintu Ikonik Keraton

Seluruh pintu di keraton memiliki ciri khas sendiri. Apalagi kalau bukan warna hijau dengan hiasan lis kuning. Perpaduan warna ini menjadi ciri khas sendiri bagi keraton. Seperti foto di atas yang merupakan tempat masuk ke Museum Batik. Menarik banget kan?


6. Bingkai Foto yang Menarik

Warna emas menunjukkan kesan mewah. Seperti halnya foto-foto keluarga Keraton yang selalu di bingkai dengan warna emas. Lebih terlihat megah dan timeless, kan? Belum lagi ukiran cantik yang membuatnya makin menarik.

Nah, itulah arsitektur menarik yang menjadi sisi lain dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tidak hanya bentuk, tapi warnanya juga cantik.




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar