Senin, 29 Oktober 2018

Soto Lenthok Pak Mul, Kuliner Berkuah dengan Rasa Juara di Jogja


Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan bentang alamnya. Banyak hal menarik yang membuat siapapun terpesona, termasuk aneka kuliner yang jenisnya banyak. Salah satu kekayaan kuliner di negeri ini adalah soto yang di setiap daerahnya memiliki keunikan tersendiri. Nah, jika Anda liburan ke Jogja, coba Soto Lenthok Pak Mul. Seperti apa bentuk dan rasanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.


Kuliner Istimewa di Kota Gudeg

Selain gudeg, soto juga menjadi kuliner yang difavoritkan banyak orang. Namun, yang spesial dan legendaris adalah soto lenthok. Berbeda dengan soto, makanan ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain, serta hanya dijual di Jogja. Keunikannya berada pada kuah bening yang dipadukan dengan touge, irisan kubis, serta potongan ayam. Cita rasa kuahnya gurih. Apalagi ditambah dengan tempe keripik yang sangat renyah.


Soto Spesial dengan Lenthok

Pernah dengar nama lenthok? Bahan untuk campuran soto ini terbuat dari singkong atau ubi kayu atau ketela pohon yang dikukus. Kemudian, bahan tersebut dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu khas. Lalu digoreng sampai matang. Soto dengan paduan lenthok ini memiliki rasa spesial yang bikin ketagihan. Namun, jika cara memasaknya ada yang kurang, hasilnya tak akan sempurna.


Lokasi Warung yang Mudah Dijangkau

Warung yang menyajikan menu ini banyak, tapi tidak semua menawarkan lenthok dengan rasa nendang. Jika penasaran, cobalah mampir  ke Soto Lenthok Pak Mul. Letaknya di wilayah Celeban. Arahkan kendaraan Anda menuju Makam Pahlawan Kusumanegara dan lanjutkan ke Kampung Natikan.Sekitar 300 meter dari kampung inilah warung tersebut berdiri.

Bagi yang masih bingung, wisatawan bisa membuka aplikasi peta online yang siap jadi pemandu. Anda yang berniat pergi ke sini, jangan sampai lebih dari jam 10. Pasalnya, menu nendang di warung Pak Mul ini sudah habis di atas jam tersebut.


Harga Soto yang Murah Meriah

Bagaimana soal harga? Apakah mahal? Tenang, harga Soto Lenthok Pak Mul sangat bersahabat. Cukup membayar Rp12.000 saja per porsinya. Disini, daging yang dipakai untuk soto adalah ayam kampung sehingga rasanya pasti spesial. Ditambah lagi, porsinya juga banyak dan bikin kenyang. Harga tersebut tidak termasuk lenthok. Jika menambah lauk ini, Anda tinggal harus membayar Rp13.000. Selain lenthok, aneka lauk juga siap memanjakan lidah. Seperti tempe mendoan yang dibanderol dengan harga Rp500.




[travelingyuk.com]

0 komentar:

Posting Komentar