Kamis, 08 November 2018

Liburan ke Pantai Ngobaran Jogja, Serasa Berada di Pulau Dewata

Liburan ke Pantai Ngobaran Jogja, Serasa Berada di Pulau Dewata

Rindu dengan panorama pantai? Di Jogja, ada banyak pilihan yang bisa dijelajahi. Salah satunya Pantai Ngobaran yang sekilas mirip pantai-pantai di Pulau Dewata. Tak hanya lautan biru, tapi menarik dengan bangunan bercorak bangunan Hindu layaknya Pura dari Bali. Penasaran kan  seperti apa pesona dari wisata alam yang satu ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Jeffri Ardiyanto.

Bangunan Pura yang Menarik Perhatian

Pantai yang terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul ini menyuguhkan objek bangunan yang tidak dimiliki kebanyakan pantai Gunungkidul lainnya. Yap, Teman Traveler akan dibuat kagum dengan keberadaan bangunan Pura Hindu seperti pura di Bali. Beberapa bangunan berlatar belakang laut. Tentu menjadi pemandangan istimewa yang tak mudah ditemukan di tempat lainnya.

Selain menikmati pemandangan, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen selama liburan. Tak perlu khawatir, Teman Traveler bisa bebas masuk ke halaman Pura tersebut tanpa dikenai biaya. Hanya saja, perlu membayar parkir kendaraan.

Akses Menuju Pantai Ngobaran Gunungkidul

Rute Pantai Ngobaran terbilang sangat mudah. Teman Traveler dapat menggunakan Google Maps untuk memudahkan perjalanan. Sementara jarak pantai dari pusat kota sekitar 53,8 km dengan waktu tempuh selama 1 Jam 34 menit, jika menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Untuk tiket masuk Pantai Ngobaran terbilang sangat terjangkau. Satu orangnya Rp3.000, sudah termasuk akses untuk berkunjung ke Pantai Ngrenehan.

Sejarah di Balik Keindahan Pantai Ngobaran

Keunikan Ngobaran tidak hanya datang dari bangunan Pura atau pantainya. Ternyata ada sejarah Pantai Ngobaran yang konon kabarnya berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Menurut cerita, putra Brawijaya V (pimpinan Kerajaan Demak) pernah melarikan diri ke sini saat diserang oleh Raden Patah. Untuk melabuhi Raden Patah, beliau melakukan ritual moksa yang merupakan upacara pembakaran diri sendiri. Upacara tersebut menghasilkan api dengan kobaran yang amat besar. Karena itulah, muncul sebutan ‘Ngobaran’.

Fasilitas yang Tersedia

Wisata cantik di Jogja ini juga menawarkan beberapa fasiltias. Ada toilet dan juga tempat berteduh. Selain itu, ada mushola untuk beribadah. Soal pesona alam yang ditawarkan tak perlu diragukan lagi. Airnya bening dengan pasir pantainya yang bersih. Beberapa sudut, terdapat karang yang berdiri dan kokoh diterjang ombak. Pastinya pas banget dijadikan tempat untuk liburan.

Nah, itulah ulasan tentang pantai cantik di Jogja yang membuat pengunjung serasa berada di Pulau Dewata. Bagaimana, tentu wajib memasukkan Pantai Ngobaran sebagai salah satu daftar wisata yang akan dikunjungi, bukan? Jadi, kapan nih liburan ke Gunungkidul?






[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar