Senin, 12 November 2018

Pantai Watu Kodok, Pilihan Wisata Eksotis di Kabupaten Gunungkidul

Pantai Watu Kodok, Pilihan Wisata Eksotis di Kabupaten Gunungkidul

Bicara mengenai wisata di Jogja memang tidak akan ada habisnya. Mau kuliner, wisata edukasi, hingga wisata alam, lengkap tersedia. Sedikit beranjak dari hiruk pikuk kota, Teman Traveler bisa mengalihkan kemudi ke daerah Gunungkidul yang terkenal dengan pantai-pantai berpasir putihnya. Salah satu yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah Pantai Watu Kodok. Seperti apa pesonanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annyta Sumarya.

Pantai Landai dengan Pasir Putih yang Aduhai

Pantai Watu Kodok termasuk pantai yang paling dekat dengan kota. Jaraknya kurang lebih 70 km yang bisa ditempuh sekitar 1-2 jam. Seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul, Watu Kodok memiliki pasir berwarna putih. Nilai tambahnya berupa kontur yang landai. Area ini bisa dijadikan tempat untuk berkemah atau seru-seruan bermain sambil berolahraga. Selain masih sepi, destinasi ini juga bersih. Sepanjang mata memandang jarang sekali ditemukan sampah.

Tebing Hijau yang Memukau

Bosan hanya melihat laut dan ombak dari bibir pantai? Tenang, tengok saja ke kanan dan kiri. Teman Traveler dapat melihat tebing yang bisa dijelajahi. Jadi, bisa lihat laut dari ketinggian, seperti di Uluwatu, Bali. Di bawah tebing pun tak kalah asyik, ada karang-karang eksotis. Jika tadi sudah melihat ombak mencium pasir pantai, sekarang saatnya melihat bagaimana mesranya ombak mengecup karang.

Replika Kapal di Atas Tebing

Selain pemandangan alam yang menawan, Teman Traveler juga dapat menemukan replika kapal di atas tebing. Kapal ini menghadap ke Samudera Hindia, seolah-olah naik kapal tapi dari ketinggian. Selain menikmati keindahan, abadikan beberapa foto untuk dijadikan kenang-kenangan atau dibagikan di sosial media. Jika tak puas dengan hasil foto dari handphone, Teman Traveler menggunakan jasa foto dengan mengeluarkan uang sekitar Rp10.000.

Berkunjung ke Pantai Drini dan Sepanjang Sekaligus

Watu Kodok terletak di tengah-tengah antara Pantai Sepanjang dan Pantai Drini. Teman Traveler bisa sekaligus mampir ke dua wisata tersebut dengan melewati tebing-tebing tadi. Jika hendak ke Sepanjang, naik saja tebing sebelah kanan. Sementara ingin lanjut ke Drini, bisa naik tebing di sebelah kiri. Seperti peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Kalau ini, sekali ke Watu Kodok, dua tiga pantai bisa dikunjungi.

Fasilitas Warung Pinggir Pantai

Pantai Watu Kodok juga menyediakan fasilitas warung di pinggiran pantai. Ada tempat duduk yang nyaman. Bisa juga menyewa tikar untuk bisa menikmati keindahan alam. Tak hanya itu, Watu Kodok juga difasilitasi mushola dan toilet. Meski jauh dari pusat kota, pesonanya tak perlu diragukan lagi. Lalu lintas tidak terlalu macet dan jalan hampir semua sudah diaspal. Hanya arah ke pantai yang belum.

Waktu terbaik ke Pantai Watu Kodok adalah sore hari, sambil menunggu matahari terbenam. Tiket masuk terbilang murah, hanya Rp5.000/ orang dan biaya parkir Rp2.000-5.000/ kendaraan. Berlibur tidak harus mahal, kan Teman Traveler? Jadi, kapan nih jelajah wisata cantik di Gunungkidul?





[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar