Senin, 18 Maret 2019

Bakmi Mbah Kito, Kuliner Wajib Kamu Cicipi Di Yogyakarta

Bakmi Mbah Kito, Kuliner Wajib Kamu Cicipi Di Yogyakarta

Ternyata selain gudeg, Yogyakarta juga menyuguhkan kuliner yang tak kalah nikmat. Salah satunya adalah Bakmi Jawa. Bakmi Jawa identik dengan hidangan mi kuning yang dimasak diatas arang api yang diberi tambahan berupa suwiran ayam kampung, sayur, dan telur.

Untuk rasa, tak usah diragukan. Proses memasak secara tradisional di atas tungku arang memberikan cita rasa khas gurih tersendiri untuk hidangan ini.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi mi Jawa tapi kebingungan, Ini salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Yogyakarta

Bakmi Mbah Wito 

Berlokasi di Jalan Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bakmi satu ini dikenal sebagai langanan para pejabat.

Yang membuat bakmi ini digemari banyak pejabat adalah rasa gurihnya kaldu ayam yang menyiram mi. Kaldunya sendiri diketahui merupakan hasil dari empat ayam jawa pilihan yang direbus dengan seperempat kilogram udang basah dan seperempat kilogram gula batu.

Hal tersulit dari penyediaan bahan olahan mi jawa ini adalah mencari ayam kampung, atau dikenal juga dengan istilah ayam jawa, yang tepat. Ayam jawa pilihan haruslah ayam betina produktif yang sudah uritan atau sedang akan bertelur.

Jika telah dimasak, butiran kecil telur yang belum bercangkang menambah gurih sekaligus mempertajam rasa kaldu. Resep bakmi jawa ini telah dipraktikkan Mbah Wito sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Bagi Anda yang ingin menyantap seporsi bakmi Mbah Wito, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 7.000.



[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar