Senin, 04 Maret 2019

EMBUNG NGLANGGERAN INDAHNYA DANAU BUATAN DI ATAS BUKIT GUNUNG KIDUL

EMBUNG NGLANGGERAN INDAHNYA DANAU BUATAN DI ATAS BUKIT GUNUNG KIDUL

Datang ke Jogja dan hanya mempunyai waktu singkat tapi ingin menikmati tempat-tempat wisata alam di Jogja yang indah dan berdekatan? Datang saja ke Embung Nglanggeran yang ada di kabupaten Gunungkidul.

Dulunya di daerah Nglanggeran ini hanya sebuah perbukitan, namun berkat peran dari pemerintah dan masyarakat sekitar bukit tersebut disulap menjadi sebuah embung yang berada tepat di atas bukit.

Embung Nglanggeran adalah salah satu objek wisata yang baru di Gunung Kidul. Mengingat umur dari tempat wisata tersebut baru 3 tahun. Embung Nglanggeran diresmikan menjadi objek wisata oleh Raja Jogja yaitu Sri Sulta HB X pada 19 Februari 2013.

Selain menjadi tempat wisata, Embung Nglanggeran berfungsi sebagai penampung atau penyimpan air untuk mengairi kebun-kebun yang ada di bawah Bukit Nglanggeran. Oleh sebab itu tempat ini juga disebut dengan Kebun Buah Nglanggeran.

Karena Embung Nglanggeran adalah hasil dari kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sekitar maka di objek wisata alam Embung Nglanggeran ini sudah tersedia cukup lengkap fasilitas. Beberapa di antaranya adanya lahan parkir yang luas, terdapat toilet, pendopo hingga warung.

Menaiki sebuah anak tangga untuk menuju Embung Nglanggeran, pengunjung tetap bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan. Terdapat tempat duduk yang terbuat dari cor-coran semen hingga gazebo yang siap melindungi pengunjung dari panas matahari atau air hujan.




[sumber]

0 komentar:

Posting Komentar