Jumat, 08 Maret 2019

Gondola Pantai Timang, Keindahan Yang Penuh Tantangan

Gondola Pantai Timang, Keindahan Yang Penuh Tantangan

Kawasan Gunungkidul Jogjakarta memang dikenal dengan kawasan pantai yang indah. Pasir putih dan lautan yang biru bisa anda nikmati tanpa harus pergi jauh-jauh ke Pulau Bali atau bahkan ke Lombok dan juga NTT. Namun, diantara banyak pantai di Gunungkidul ada satu pantai yang terkenal unik dan menantang yakni dengan menaiki Gondola Pantai Timang.

Pantai Timang memang berbeda dengan pantai Gunungkidul lainnya yang mengandalkan pasir putih dan juga laut biru yang indah namun Pantai Timang mengandalkan pemandangan dari atas pulau kecil yang jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari daratan dan untuk mencapainya anda akan menaiki Gondola Pantai Timang.

Gondola Pantai Timang merupakan gondola kecil seperti sebuah lift yang digerakkan secara horizontal. Gondola ini digunakan untuk mengangkut satu orang penumpang dari daratan menuju ke pulau yang bernama Timang tersebut. Itulah alasan mengapa pantai ini disebut sebagai Pantai TImang.

Gondola yang digunakan di Gondola Pantai Timang tersebut memang terlihat sederhana, namun keamanan dari gondola ini selalu diutamakan untuk pengunjung. Contohnya adalah penggantian tali secara berkala. Sebenarnya pemerintah daerah menawarkan untuk membangun gondola dengan kawat besi yang bermesin namun ditolak.

Alasan mengapa Gondola Pantai Timang tersebut tidak ingin diganti dengan sistem mesin dan masih mengandalkan tenaga manusia karena ditarik, adalah karena alasan keamanan serta untuk menjaga keunikan dari Gondola yang terbukti selalu dapat mengantarkan pengunjung ke lokasi tujuan. Jika anda tidak berani untuk mencoba Gondola Pantai Timang, ada pilihan lain yakni berupa sebuah jembatan ke pulau timang yang terbuat dari tali. Untuk keamanan, penyeberangan ini pun hanya diperbolehkan satu per satu saja. Namun tenang saja, pengelola sudah mempersiapkan pengamanan terbaiknya.

Mengapa Gondola Pantai Timang ini terkenal adalah karena tantangan untuk menuju Pulau Timang yang benar-benar menantang. Bagaimana tidak, diantara daratan pantai dengan pulau TImang, terdapat lautan dengan ombak yang besar serta batuan karang yang mana karang-karang tersebut itu sangatlah tajam.

Namun, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika pengelola dari Gondola Pantai Timang selalu mengutamakan pengunjung. Buktinya, hingga saat ini tidak ada kejadian apapun yang terjadi di Pantai Timang. Oleh karena itulah, anda tidak perlu khawatir ketika harus berkunjung ke Pulau Timan dan yang terpenting adalah mengikuti instruksi dari pengelola.

Tarif untuk merasakan sensasi tantangan menyeberang ke Pulau Timang menggunakan Gondola Pantai Timang memang terbilang cukup mahal. Namun mengingat keamanan yang sangat dijaga serta keindahan yang bisa anda dapatkan nantinya, harga tersebut bukanlah harga yang mahal.

Untuk wisatawan lokal, anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 5.000,- rupiah untuk masuk ke lokasi serta parkir kendaraan anda. untuk menyeberang menggunakan gondola, anda ditarik tiket seharga Rp. 150.000,-. Sedangkan untuk menyeberang dengan menggunakan jembatan penyeberangannya, anda harus membayar Rp. 100.000,-
Penawaran lainnya saat beruntung adalah ketika nelayan sekitar mendapatkan lobster. Anda bisa merasakan sensasi makan lobster di pulau timang yang memang harganya cukup mahal yakni Rp. 350.000,- per kilonya. Tapi, karena memang itu adalah Lobster jadi sudah wajar rasanya dengan harga yang mahal.

Bagaimana? Apakah anda tertantang untuk mencoba Gondola Pantai Timang dan makan lobster lokal khas Pulau Timang? Anda bisa mengunjungi Gunungkidul pada liburan selanjutnya.





[sumber]

0 komentar:

Posting Komentar